Tema

Melalui beragam kegiatannya, Tropenbos Indonesia berupaya terus mempromosikan pemanfaatan hutan dan lahan secara berkelanjutan di lanskap tropis yang cerdas iklim demi mendukung terlaksananya pembangunan berkelanjutan yang inklusif. Untuk itu Tropenbos Indonesia memfokuskan kegiatannya didalam 3 domain yang saling terkait  satu sama lain, yaitu:
 
Themes-2018-02.pngPemanfaatan hutan dan lahan secara berkelanjutan
Para aktor lanskap baik yang berskala kecil maupun besar diharapkan dapat mengadopsi praktik manajemen dan produksi yang mampu menjaga integritas lingkungan dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan serta mencapai sasaran iklim.
 
 
Themes-2018_Inclusive governance.pngTata kelola lanskap yang inklusif
Para aktor dari semua sektor ikut terlibat didalam proses pengambilan keputusan mengenai lanskap tropis berhutan dan rantai nilai yang berasal dari lanskap tersebut.
 
 
Themes-2018-03.pngBisnis dan pendanaan yang bertanggung jawab
Model bisnis dan skema investasi yang dikembangkan oleh perusahaan swasta dan lembaga keuangan mampu mendorong terintegrasinya usaha skala kecil didalam rantai nilai, kepatuhan pada standar sosial dan lingkungan, serta pelaksanaan komitmen nol-deforestasi yang efektif.