Filter

31 October 2018 Indonesia

Lokakarya Riset Aksi Partisipatoris dan Pembangunan Desa di Ketapang

Tropenbos Indonesia (TI) bekerjasama dengan The Center For People and Forests (RECOFTC) Indonesia menyelenggarakan Lokakarya Riset Aksi Partisipatoris dan Pembangunan Desa di Ketapang yang diadakan di Hotel Aston Ketapang, Senin 18 Oktober 2018. Acara di hadiri oleh 49 orang peserta yang berasal dari Bappeda, Balitbang, Dinas PMPD, Distanakbun Kabupaten Ketapang, Camat Matan Hilir Utara dan Matan Hilir Selatan, Kepala Desa Sungai Putri dan Laman Satong, Balai TNGP, Swasta (PT KAL dan PT BGA), serta NGO (PMP, Yiari, Asri, Aidenvironment dan Yayasan Palung). Tujuan Lokakarya ini adalah untuk berbagi hasil penerapan metode Participation Action Research (PAR) yang telah dilakukan di dua Desa yaitu di Desa Laman Satong dan Sungai Putri, Kabupaten Ketapang.

Selanjutnya

05 October 2018 Indonesia

Coaching Clinic Fasilitasi Usulan dan Verifikasi Teknik Perhutanan Sosial Kalbar

Hasil Pemetaan Wilayah Potensial Perhutanan Sosial (PS) di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang dilakukan Tropenbos Indonesia (TI) dipaparkan Peneliti TI Dr. Atiek Widayati, pada acara Coaching Clinic Kegiatan Fasilitasi Usulan dan Verifikasi Teknis Perhutanan Sosial Provinsi Kalbar yang diselenggarakan Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kalbar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Hotel Orchardz Pontianak, 27-29 September 2018 .

Selanjutnya

02 October 2018 Indonesia

Pelatihan Pupuk Organik di Desa Sungai Putri

Tropenbos Indonesia (TI) memberikan pelatihan teknis pembuatan pupuk organik dalam “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani Desa Sungai Putri”, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sungai Putri, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Sungai Putri, 24 September 2018, ini dibiayai dari Dana Desa 2018 dan diikuti oleh 20 peserta dari kelompok tani serta pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Selanjutnya

21 September 2018 Indonesia

TI Fasilitasi Pokdarwis Ikuti Pelatihan Pemandu Wisata

Untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola wisata bagi anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Lama Satong, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Tropenbos Indonesia (TI) memfasilitasi empat orang anggota Pokdarwis untuk mengikuti pelatihan Pemandu Wisata yang diadakan di Pontianak, 20-23 September 2018. “Kami melihat perlunya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan dan keahlian kepariwisataan sehingga nantinya mampu mengembangkan potensi pariwisata yang ada di desa,” kata Hendra Gunawan, Fasilitator TI saat berdiskusi dengan Pengurus Pokdarwis di Kantor TI di Ketapang, Senin (17 September 2018).

Selanjutnya

18 September 2018 Indonesia

Tropenbos Indonesia Tanda Tangani MoU dengan PT SMA

Tropenbos Indonesia (TI) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Sawit Mitra Abadi (SMA) anak usaha Genting Group yang beroperasi di Ketapang, Kalimantan Barat. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dr. Edi Purwanto selaku Direktur TI dan Dr. Faizal Amri Amran mewakili PT SMA di kantor Tropenbos Indonesia di Bogor, Selasa 28 Agustus 2018.

Selanjutnya

04 September 2018 Indonesia

Pemetaan Wilayah Potensial Perhutanan Sosial di Kalimantan Barat

Tropenbos Indonesia (TI) melakukan studi dan pemetaan wilayah potensial untuk Perhutanan Sosial di Kalimantan Barat yang mengedepankan kriteria berbasis kebutuhan lahan oleh masyarakat. Metode dan hasil sementara studi ini didiskusikan dalam Lokakarya “Pemetaan Areal Potensial Perhutanan Sosial di Provinsi Kalimantan Barat” yang diselenggarakan di Hotel Orchardz Pontianak, 21 Agustus 2018 lalu. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan Kalbar, dan dihadiri oleh Kelompok Kerja Percepatan Perhutanan Sosial (Pokja PPS) Kalbar, beberapa Kepala KPH dan berbagai LSM di Kalbar.

Selanjutnya