Publikasi 

Panduan Baru: Pendugaan Stok Karbon di Ekosistem Hutan Gambut dan Mineral, dilengkapi dengan studi kasus di hutan rawa gambut Pematang Gadung dan Hutan Lindung Sungai Lesan, Kalimantan.

Publikasi

Penulis: Ujang S. Irawan and Edi Purwanto

Indonesia - 2020

Bahasa: Indonesia

Unduh

Indonesia dengan hutan luas dan memiliki keragaman tinggi vegetasi hutan dan ekosistem berkontribusi besar terhadap siklus karbon global. Melalui vegetasi hutan, karbon dalam bentuk CO2 dari atmosfer diserap dan disimpan sebagai cadangan karbon. Berkurangnya vegetasi hutan meningkatkan jumlah CO2 di atmosfer yang berkontribusi pada peningkatan emisi karbon dan perubahan iklim. Karena itu, mempertahankan penutupan hutan baik di dalam dan di luar kawasan hutan (APL), merupakan upaya penting dari mitigasi perubahan iklim.

Untuk mengetahui dinamika kandungan karbon dalam suatu ekosistem hutan, diperlukan pendugaan yang dilakukan melalui serangkaian pengumpulan data lapangan dan pengolahan data yang biasanya melibatkan Tim Kerja yang cukup besar baik di tingkat lapangan maupun di kantor.

Diantara berbagai panduan yang telah ada (termasuk SNI 7724, 2011), Buku Panduan sederhana ini ditujukan untuk staf non akademik, khususnya staf teknis pengumpulan data lapangan dan staf bagian penympanan dan pengolahan data.

Kelebihan panduan ini adalah: (a) Membahas secara langsung dua ekosistem hutan, hutan gambut dan mineral dan diperkaya dengan contoh perhitungan (b) Panduan ini dilengkapi dengan dua studi kasus pendugaan karbon, yaitu di Hutan Rawa Gambut Pematang Gadung, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat oleh Tropenbos Indonesia bersama Wetlands International dalam Program Green Livelihoods Alliance (GLA); dan di lahan mineral, yaitu di Hutan Lindung Sungai Lesan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur oleh Operasi Wallacea Terpadu (OWT) dalam Program Tropical Forest Conservation Act (TFCA) Kalimantan.

Maps_KALIMANTAN_TI_2020.jpg
Peta posisi Hutan Lindung Sungai Lesan di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur dan Hutan Rawa Gambut Pematang Gadung di Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat.

Order this publication

*
*
*
*
*
*

Bagian berikut tidak diisi dengan benar:

  •