Tropenbos Indonesia Tanda Tangani MoU dengan PT SMA

Tropenbos Indonesia Tanda Tangani MoU dengan PT SMA

Indonesia - 18 September, 2018

Tropenbos Indonesia (TI) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Sawit Mitra Abadi (SMA) anak usaha Genting Group yang beroperasi di Ketapang, Kalimantan Barat. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dr. Edi Purwanto selaku Direktur TI dan Dr. Faizal Amri Amran mewakili PT SMA di kantor Tropenbos Indonesia di Bogor, Selasa 28 Agustus 2018.

“Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya TI membangun kemitraan dengan berbagai pihak termasuk perusahaan kelapa sawit untuk mendukung pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Kabupaten Ketapang,” kata Edi. Sebelumnya TI juga telah menandatangani MoU dengan PT Kayong Agro Lestari (KAL) dan Bumitama Gunajaya Agro (BGA). Dalam beragam kegiatannya, TI senantiasa mengedepankan kemitraan untuk mencapai tujuan bersama yang diharapkan. TI meyakini, keterlibatan semua pemangku kepentingan baik dari sektor swasta, pemerintah, LSM maupun masyarakat adalah kunci sukses dalam pengelolaan lanskap yang berkelanjutan.
 
Sementara itu, Direktur Sustainability PT SMA Faizal Amri menyambut baik kerja sama ini. “Penandatanganan MoU antara TI dan PT SMA adalah bukti komitmen kami untuk menjalankan praktik manajemen kelapa sawit yang berkesinambungan,” ungkapnya.
 
Sesuai dengan kesepakatan ini, TI dan PT.SMA akan bersama-sama menyiapkan rencana kerja selama lima tahun ke depan (2018-2023). Beberapa inisiatif yang tertuang didalam kesepakatan ini diantaranya adalah memfasilitasi peningkatan tata kelola sumber daya alam di desa-desa di sekitar area perkebunan PT SMA. Selain itu, TI juga akan membantu pengembangan mata pencaharian berkelanjutan bagi masyarakat setempat sesuai dengan potensi yang mereka miliki. (IRP)