Rapat Penguatan RAD untuk Pencegahan Karhutla

Rapat Penguatan RAD untuk Pencegahan Karhutla

Indonesia - 18 October, 2023

Pemerintah Kabupaten Ketapang dan Sekretariat Bersama Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan (Sekber PSDA) terus memperkuat aksi kolaboratif pencegahan kebakaran dan perbaikan tata kelola lanskap gambut di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, khususnya di Kesatuan Hidrologi Gambut (KHG) Pawan-Kepulu dan KHG Kepulu-Pesaguan.

Masterplan Pencegahan Kebakaran (Baca artikel: Peluncuran Dokumen Masterplan Kebakaran di Ketapang) telah resmi diluncurkan pada awal tahun ini, yang diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Ketapang Nomor 48 Tahun 2023. Rapat Pleno Rencana Aksi Daerah (RAD) telah dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2023 (Baca artikel: Sosialisasi Peraturan Daerah tentang Masterplan Pencegahan Kebakaran).

WhatsApp Image 2023-10-16 at 14.13.16_7d273233.jpg

Untuk memastikan RAD terlaksana dengan baik dan sebagai bagian pertama dari rangkaian 'monitoring dan refleksi', Pemerintah Kabupaten Ketapang dan Sekber PSDA menyelenggarakan Rapat Penguatan RAD, pada tanggal 16 Oktober 2023 bertempat di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ketapang (Bappeda). Pertemuan tersebut menegaskan kembali komitmen dan upaya kolaboratif antar multi pihak, baik sebagai lembaga pelaksana utama maupun sebagai lembaga pendukung. Ada empat strategi yang akan diterapkan dalam KHGs sebagaimana diamanatkan Perbup No. 48 Tahun 2023, dan strategi tersebut dijabarkan ke dalam kegiatan dan sasaran keluaran serta outcome dalam RAD. Empat strategi yang dikembangkan dalam masterplan adalah (1) peningkatan kapasitas, penguatan regulasi, dan penyadaran publik; (2) penataan dan perbaikan hidrologi gambut; (3) perlindungan dan pengelolaan lahan; dan (4) pemantauan gambut dan sarana prasarananya.

WhatsApp Image 2023-10-17 at 13.59.26_aa3eecc7.jpg

Rapat dipimpin oleh Kepala Bappeda dan dihadiri oleh perwakilan pemerintah pusat dalam hal ini Badan Restorasi Gambut (BRGM), Dinas Terkait di Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Terkait di Kabupaten Ketapang, empat pemerintah desa di kedua KHG serta dari Non-KHG. Non-Governmental Organization (NGO) yang tergabung dalam Sekber PSDA. Dua NGO yang hadir adalah Yayasan Tropenbos Indonesia dan Yayasan Kaleka yang aktif bekerja di kedua KHG tersebut.

Tropenbos Indonesia secara aktif mendukung Pemerintah Kabupaten Ketapang dan Sekber PSDA dalam upaya Pencegahan Kebakaran di bawah Program Tata Kelola Lanskap Cerdas Api (Program Kami: Proyek Kebakaran).